Cara mengakses MySQL menggunakan Navicat

Buat yang sudah terbiasa menggunakan Navicat, mungkin software Navicat akan lebih mudah digunakan untuk melakukan administrasi database daripada menggunakan PhpMyAdmin yang sudah tersedia di cPanel setiap paket hosting di Mongkiki. Terus buat yang belum tahu, apakah itu Navicat? Navicat merupakan software untuk administrasi berbagai macam database, salah satunya MySQL.  Navicat untuk MySQL adalah software untuk administrasi dan pengembangan database MySQL. Software ini bekerja dengan MySQL Database Server dari versi 3.21 atau diatasnya, dan mendukung sebagian besar fitur terbaru MySQL termasuk Trigger. Stored Prosedur, Fungsi Event, View, Manage User, dll.
Hal yang terpenting yang harus dilakukan sebelum mengakses database MySQL dari Navicat yaitu menambahkan IP ISP yang anda gunakan sekarang ke “Remote MySQL”. Untuk lebih detailnya ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Login ke cPanel
  2. Klik menu “Remote MySQL”
  3. Tambahkan IP Address  dari ISP yang anda gunakan sekarang pada “Remote Database Access Host”. Untuk mengecek IP anda, silahkan buka link http://www.whatismyip.com/ atau http://whatismyipaddress.com/
     
  4. Buka program Navicat for SQL, kemudian cari menu File > New Connection, dan isi dan lengkapi form tersebut sbb:
    Connection Name : [nama dari koneksi anda/bebas]
    Host Name/Ip Address: [hostname/IP address dari website anda]
    Port: 3306
    Username: [username dari user MySQL anda]
    Password: [password dari user MySQL anda]
  5.  Klik tombol “Test Connection” dan jika berhasil akan muncul pesan “Connection Successful”.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...